Jumat, 10 November 2017

Ungkapan Dasar Bahasa Ibrani

Cara Menyapa

Orang Israel terbiasa menyapa satu sama lain dengan שלום shalom. Ini bentuk sapaan yang paling sering kita temui dalam keseharian. Untuk sapaan yang waktunya lebih spesifik, kita bisa pakai בוקר טוב boker tov (selamat pagi), ערב טוב erev tov (selamat sore; malam), dan לילה טוב laylah tov (selamat tidur). Saat hendak berpisah, salam yang lazim digunakan adalah להתראות l’hitraot (sampai jumpa).

Saat berkenalan, kita mengatakan,

שלום, אני שרה. נעים מאוד.
Shalom, ani sharah. Na’im me’od.
Halo, saya Sarah. Senang berkenalan denganmu.

Nah, sekarang coba kamu perkenalkan dirimu.

Saat menanyakan nama, kita bisa mengatakan, מה שמך? ma shimkha? (kepada pria); ma shmekh? (kepada wanita).

Untuk mengucapkan terima kasih (banyak), kita bisa mengatakan תודה (רבה) toda (raba). Jawabannya, bisa kita bilang, על לא דבר al lo davar (terima kasih kembali).

Beberapa nama orang Israel

Banyak sekali nama-nama orang Israel yang berasal dari tokoh-tokoh di Tanakh (Perjanjian Lama). Selain itu, karena Israel adalah bangsa imigran, banyak juga nama-nama orang Israel yang berbau Barat atau Rusia. Berikut contoh nama-nama orang Israel yang cukup sering ditemui:

רחל Rakhel
בוריס Boris
יוסף Yosef
שלמה Shlomoh
דוד David
שרה Sharah
שמעונ Shmeon (Simon)
מאיה Maya
אסתר Ester
יוסי Yosi
יעל Yael
רבקה Rivka
רינה Rina
נעומי Naomi

Semakin penasaran dengan bahasa Ibrani? Yuk lanjutkan pembahasan kita ke aspek gramatika, yakni pembagian jenis-jenis kata benda di sini.

---

Tulisan-tulisan the Glotivist dapat disebarluaskan dan disalin secara luas. Akan tetapi, demi menghargai ilmu pengetahuan, setiap bentuk penyebarluasan tulisan the Glotivist harap memberikan credit dan menyebut Blog The Glotivist.

The Glotivist

2017

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates